A. Definisi
Piranti Masukan (Input Device)
Secara
Terminologi Peranti masukan (bahasa Inggris: input device), sedangkan menurut
Etimologi, Piranti Masukan (Input Device) adalah semua periferal (perangkat
keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk
suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Peranti masukan dapat
dikelompokan berdasarkan beberapa hal diantaranya :
a. cara
masukan, misalnya melalui gerak mekanis atau audio;
b. masukan
diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta
c. derajat
kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi
pada navigator untuk aplikasi CAD.
B. Jenis-Jenis
Piranti Masukan
Jenis
peranti masukan utama antara lain adalah papan ketik, peranti penunjuk, Piranti
pemindai, perangkat masukan Photo,serta perangkat masukan audio.
1. Papan
Ketik
a) Keyboard
Berfungsi sebagai tempat pengetikan perintah
dan masukan yang dapat dipakai mengubah huruf, angka, ataupun kode lain menjadi
isyarat listrik yang dapat diproses komputer. Keyboard paling umum dipergunakan
sebagai perangkat masukan dan merupakan perangkat yang paling lama dimanfaatkan
setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong (punch card).
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
b) ATM
(Automated Teller Machine)
Biasa
disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan. Perangkat ini
memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran
berbagai jenis tagihan, transfer uang.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg)
c) Point
of Sale (POS)
Merupakan perangkat yang digunakan
pada toko-toko untuk memasukan data pembelian. Biasanya perangkat ini selain
berisi tombol seperti keyboard, lengkap dengan angka-angka, juga masih ditambah
fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit atau kartu debit.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg)
POS juga menjadi penting karena seiring
dengan berkembangnya usaha, sistem kasir akan dijalankan bukan oleh pemilik,
namun oleh karyawan. Karena itu pemilik wajib tahu apa yang dikerjakan oleh
kasir, dan berapa uang yang didapatkan secara tepat.
Karena itu, sistem POS atau kasir
telah digantikan oleh sistem komputer kasir. Walaupun tahap implementasi awal
terlihat lebih rumit, namun fitur yang disediakan jauh melebihi dari cash
register.
2. Piranti
Penunjuk
Peranti penunjuk (bahasa Inggris:
pointing device) adalah peranti masukan (lebih spesifiknya, peranti antarmuka
manusia) yang memungkinkan pengguna untuk memasukan data spasial (kontinu dan
multidimensi) ke dalam suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis
(GUI) memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada
komputer dengan menggunakan gestur fisik tunjuk, klik, dan seret misalnya
dengan menggerakan tetikus di atas permukaan destop fisik dan mengaktifkan
tombol pada tetikus tersebut. Gerakan peranti penunjuk akan diteruskan ke layar
dengan bergeraknya penunjuk atau kursor serta berbagai perubahan visual lain.
Peranti
penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang berdasarkan
gerakan objek dan yang berdasarkan sentuhan pada suatu permukaan. Contoh jenis
pertama adalah tetikus dan bola jejak (trackball), sedangkan contoh jenis kedua
adalah bantalan sentuh (touchpad), tablet grafis (graphics tablet), layar
sentuh, dan tuas kontrol.
a. Mouse
Mouse adalah perangkat genggam kecil
yang mendorong di atas permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak
grafis dengan menjadi meluncur di permukaan halus.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.jpg)
b. Trackball
Trackball adalah perangkat penunjuk
yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor untuk
mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, mirip dengan mouse terbalik. Sebagai
pengguna gulungan bola dengan ibu jari, jari, atau telapak pointer di layar
juga akan bergerak.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.jpg)
c. Pointing
Stick
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.jpg)
d. Touchpad/Trackpad
Touchpad atau Trackpad adalah
permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari. Ini adalah perangkat
penunjuk stasioner yang biasanya digunakan pada laptop. Setidaknya satu tombol
fisik biasanya dilengkapi dengan touchpad, namun pengguna juga dapat menghasilkan
klik mouse dengan menekan pada pad.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.jpg)
e. Touch
Screen
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.jpg)
Beberapa
teknologi dapat digunakan untuk mendeteksi sentuhan. Sentuh resistif dan
kapasitif memiliki bahan konduktif tertanam dalam gelas dan mendeteksi posisi
sentuhan dengan mengukur perubahan dalam arus listrik. Infrared pengendali
proyek grid sinar inframerah dimasukan ke dalam bingkai yang mengelilingi layar
monitor itu sendiri, dan mendeteksi dimana penyadapan objek balok.
Touchscreens modern dapat digunakan
dalam hubungannya dengan stylus perangkat menunjuk, sementara mereka didukung
oleh inframerah tidak memerlukan sentuhan fisik, tetapi hanya mengenali gerakan
tangan dan jari dalam beberapa rentang jarak minimum dari layar real.
Touchscreens menjadi populer dengan
pengenalan Palmtop komputer seperti yang dijual oleh Palm, Inc produsen
hardware, beberapa kelas kisaran tinggi dari komputer laptop, ponsel smartphone
seperti HTC atau Apple Inc iPhone , dan ketersediaan driver perangkat
touchscreen standar kesistem operasi Symbian , Palm OS , Mac OS X , dan
Microsoft Windows.
f. Joystick
Joystick atau Tuas Kendali adalah
alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah.
Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video
yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.jpg)
g. Light
Pen
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image020.jpg)
h. Digitizing
Tablet
Graphic Tablet adalah perangkat
keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar
dengan tangan dan memasukan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya
menggambar di atas kertas menggunakan pensil.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image022.jpg)
Hasil gambar tidak akan terlihat
pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer.Kursor (disebut juga
puck) berfungsi layaknya mouse pada komputer, hanya saja kursor ini dapat
memiliki sebanyak 16 tombol dan memiliki jendela dengan helai-helai rambut (crosshairs)
di dalamnya sebagai tempat posisi ujung titik yang dituju. Sementara Pena
digital (disebut juga stilus) mirip dengan pena, hanya saja tidak memakai tinta
melainkan dilengkapi oleh ujung elektronik.
3. Piranti
Pengambil Gambar Terformat
a. Bar
Code Reader
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image024.jpg)
Selain
itu, hampir semua pembaca barcode berisi sirkuit decoder menganalisis gambar
barcode data yang diberikan oleh sensor dan mengirim konten barcode untuk
output port scanner.
a. Image
Scanner
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image026.jpg)
Contoh
umum ditemukan di kantor-kantor variasi desktop (atau flatbed) scanner dimana
dokumen ditempatkan pada jendela kaca untuk pemindaian genggam scanner, di mana
perangkat tersebut akan dipindahkan dengan tangan, telah berevolusi dari teks.
Pemindaian "tongkat sihir" untuk 3D scanner yang digunakan untuk
desain industri, reverse engineering, tes dan pengukuran, orthotics, game dan
aplikasi lainnya. Scanner mekanis didorong yang bergerak dokumen biasanya
digunakan untuk dokumen format besar, di mana sebuah desain flatbed akan tidak
praktis.
Scanner modern biasanya menggunakan
perangkat charge coupled (CCD) atau Contact Image Sensor (CIS) sebagai sensor
gambar, sedangkan scanner drum yang lebih tua menggunakan photomultiplier
tabung sebagai sensor gambar. Sebuah
scanner rotary, digunakan untuk kecepatan tinggi pemindaian dokumen, merupakan
jenis drum scanner, menggunakan CCD bukan photomultiplier. Jenis lain dari
scanner adalah scanner planet, yang mengambil foto-foto buku dan dokumen, dan
scanner 3D, untuk memproduksi model tiga dimensi obyek.
Kategori lain dari scanner adalah
kamera digital scanner, yang didasarkan pada konsep reprografi kamera. Karena
untuk meningkatkan resolusi dan fitur baru seperti anti-shake, kamera digital
telah menjadi alternatif yang menarik untuk scanner biasa. Walaupun masih
memiliki kelemahan dibandingkan dengan scanner tradisional (seperti distorsi,
refleksi, bayangan, kontras rendah), kamera digital menawarkan keuntungan
seperti kecepatan, portabilitas dan digitalisasi lembut dokumen tebal tanpa
merusak buku. Teknologi pemindaian baru menggabungkan scanner 3D dengan kamera
digital untuk membuat penuh warna, foto-realistis model 3D objek.
Di daerah penelitian biomedis,
deteksi perangkat untuk mikro-array DNA disebut scanner juga. Scanner ini
adalah sistem resolusi tinggi (sampai dengan 1 pM/pixel), mirip dengan
mikroskop. Deteksi dilakukan melalui CCD atau photomultiplier tube (PMT).
b. Kamera
Digital
Kamera digital adalah alat untuk
membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada
sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensor CMOS) yang hasilnya kemudian direkam
dalam format digital ke dalam media simpan digital.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image028.jpg)
Kemudahan
dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya
secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna,
ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah
daripada kamera manual.
c. Fingerprint
Reader
Pengenalan sidik jari atau
otentikasi sidik jari mengacu pada otomatis metode verifikasi pertandingan
antara dua manusia sidik jari.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image030.jpg)
5. Perangkat
Masukan Suara
a. Mikrofon
Mikrofon (bahasa Inggris:
microphone) adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik
(gelombang suara) menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat
untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti
telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image032.jpg)
Pada tahun 1827, Sir Charles
Wheatstone telah mengembangkan mikrofon. Ia merupakan orang pertama yang
membuat “mikrofon frasa". Selanjutnya, pada tahun 1876, Emile Berliner
menciptakan mikrofon pertama yang digunakan sebagai pemancar suara telepon.
Mikrofon praktis komersial pertama adalah mikrofon karbon yang ditemukan pada
bulan Oktober 1876 olehThomas Alfa Edison. Pada tahun 1878, David Edward Hughes
juga mengambil andil dalam perkembangan mikrofon karbon. Mikrofon karbon
tersebut mengalami perkembangan hingga tahun 1920-an.
James West dan Gerhard Sessler juga
memainkan peranan yang besar dalam perkembangan mikrofon. Mereka mempatenkan
temuan mereka yaitu mikrofon elektrik pada tahun 1964. Pada waktu itu, mikrofon
tersebut menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh mikrofon sebelumnya, yaitu
harga rendah, sehingga dapat dijangkau oleh seluruh konsumen. Bagian lain dalam
sejarah perkembangan mikrofon ialah revolusionalisasi mikrofon dalam industri
dimana memungkinkan masyarakat umum untuk mendapatkannya. Hampir satu juta
mikrofon diproduksi tiap tahunnya. Lalu pada tahun 1970-an, mikrofon dinamik
dan mikrofon kondenser mulai dikembangkan. Mikrofon ini memiliki tingkat
kesensitifan yang tinggi. Oleh karena itu, hingga saat ini mikrofon tersebut
digunakan dalam dunia penyiaran.
b. Automatic
Speech Recognition (ASR)
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image034.jpg)
Penggunaan aplikasi termasuk
antarmuka pengguna suara seperti panggilan suara (misalnya, "Call
home"), pencarian (misalnya, menemukan informasi selebriti), entri
datasederhana (misalnya, memasukan nomor kartu kredit), persiapan dokumen
terstruktur (misalnya, sebuah laporan radiologi), pidato-untuk-pengolahan teks (misalnya,
pengolah kata atau email ), dan pesawat (biasanya disebut Masukan Suara
Langsung ).
c. Headset
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image036.jpg)
d. Sensor
![](file:///C:/Users/gaos/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image038.jpg)
0 komentar:
Posting Komentar